Mengetahui asuransi drone merupakan keuntungan. Karena penting sebagai bentuk after sales seiring bertambahnya jam terbang. Apalagi ini adalah pengalaman pertama menggunakan drone untuk jangka panjang.
Asuransi drone sama pentingnya dengan garansi yang tersedia. Karena fungsi asuransi bisa melindungi kerusakan yang timbul dari pilot sampai cuaca terbang. Ketika terjadi kerusakan, tinggal klaim biaya perbaikkan lalu asuransi yang bayar.
Salah satu penjamin yang bisa digunakan yakni DJI Refresh Care. Penawaran ini bisa diambil oleh pengguna produk DJI, baik drone maupun produk lainnya. Asuransi berlaku ketika memiliki Refresh Care dan Refresh Care Plus.
Sebenarnya asuransi drone ini berlaku untuk seluruh produk dji termasuk selain drone.
Penyebab Kerusakan
- First Time Flying
Meski telah berlatih menggunakan simulator dan paham teorinya, drone baru bisa membawa rasa was-was. Untungnya DJI menaruh perhatian dengan adanya jaminan ini pada kondisi untuk menghilangkan ketegangan pilot. Sehingga penggantian bisa berlaku ketika unit terjadi kerusakan.
2. Tempat dan Kondisi Tidak terprediksi
Penyebab selanjutnya berlaku jika drone terpaksa terbang ketika kondisi berubah. Misalnya perubahaan angin yang ringan menjadi kencang akan membuat kestabilan drone terganggu. Disisi lain, amat perlu peran pilot untuk mencegah ketika gangguan terjadi, sehingga kerusakan bukan karena kesengajaan.
Asuransi Drone Bisa Men-Cover
- Kelalaian Pilot
- Gangguan Sinyal
- Drone Jatuh
- Drone terbentur / Menabrak
- Water Damage
Asuransi Drone Tidak Bisa Men-Cover
- Sengaja terbang di kondisi bahaya
- Sengaja rusak
- Dicuri dan hilang
- Pernah perbaikan di toko non-resmi
- Controller
- Force Majeure
- Modifikasi perangkat
Penggantian
Prinsip asuransi drone DJI berlaku ketika pilot membayar tambahan 10% dari harga resmi ketika membeli drone. Setelah itu asuransi bisa didaftarkan dari identitas drone maupun pilotnya.
Sedangkan bentuk penggantiannya bisa untuk penggantian unit, part, atau biaya service.
Untuk klaim ganti unit dan part, nantinya biaya pengiriman ditanggung DJI.
Lalu biaya service akan diganti sesuai ketentuan yang berlaku pada dronenya, dari 40$ – 200$ tergantung. Terdapat potongan yang berlaku ketika klaim service pertama dan klaim service kedua dalam satu tahun.
Ketika klaim, pilot harus menyertakan bukti yang menunjukkan tidak ada kesengajaan. Bukti tersebut bisa berupa rekaman video/foto dan histori penerbangan dari aplikasi.
Bahkan ketika drone tenggelam, proses klaim perlu menyertakan bukti bahwa drone telah terpasang pelampung. Berkat pelampung, pihak DJI bisa menilai jika pilot telah melakukan pencegahan.
Seri dan Parts Drone
Hampir semua seri drone bakal terjamin oleh DJI Care Refresh dan versi plus nya. Pilot bisa memastikan lebih lanjut dengan mengunjungi support DJI disini.
Sedangkan komponen yang bisa diganti tidak semuanya. Ketentuan DJI ini membuat pilot agar tetap memperhatikan soal perawatan drone saat sebelum, selama, sesudah penerbangan.
Biasanya, penggunaan drone akan berlangsung lama sampai tahunan. Serta harga drone yang mahal perlu jadikan asuransi sebagai pengaman ekstra. Sedangkan bagian pengaman lainnya yakni latihan dan mengikuti pelatihan drone.
Guna mendapat pengalaman terbang yang menyenangkan dan tanpa khawatir. Akan menyenangkan jika bagi pilot tidak pernah mengalami service drone sampai sekarang.